Minggu, 28 Juli 2019

KAJIAN ALFIYAH (ulangan dan lanjutan)

KAJIAN ALFIYAH (ULANGAN DAN LANJUTAN)

Ada trik nya tentunya untuk memahami dg mudah. Yg saya jelaskan itu sdh pake trik, ssghnya. Tidak ngutho waton seperti dalam bait2 Alfiyah.
Gini, di awal saya sdh membuat peta konsep ttg susunan bahasa. Bhw susunan Bahasa Arab itu ada yg disebut kalam - kalim - qaul

Nah, Sekarang kita fokus ke kalam.
1. Kalam itu tersusun dari kata2.
2. Kata (dlm bhs Arab disebut kalimat)
3. Jenis kata (kalimat) dlm Bhs Arab ada 3: isim, fi'il, huruf
4. Sekarang kita fokus ke jenis kata (kalimah)
5. kata (kalimah isim) ada tanda-tanda nya
6. Kata (kalimah) fi'il ada tanda-tandanya
7. kata (kalimah) huruf ada tanda2nya

Coba, sampean angen2, tujuh langkah itu secara berurut. Kalo sampean wes paham tujuh langkah itu, melaju ke berikutnya sdh mudah

Setelah kita tahu mana isim, mana fi'il, mana huruf, bab berikutnya, kita petakan tentang harakat akhire jenis kata (kalimat) sing telu mau. kepriye harakat akhire kata (kalimah) isim, fi'il, dan huruf. Bab ini namanya Mabni dan Mu'rab. Mabni (harokate ajeg), Mu'rab (harakat utowo hurufe berubah).
Jadi langkah2 yg perlu diangen2.
1. Tiga jenis kata (kalimah) yakni isim, fi'il, huruf akan diselediki bontose kata ape diwoco opo (a, i, u) utowo ape diganti dengan penghilangan atau penambahan huruf hijaiyah opo? Opo selamane ape woco ajeg? Angger bontose owah2 arane mu'rab. Angger bontose ajeg arane Mabni

2. Setelah diteliti, ternyata:
a. Kalimah Isim itu ada yg bontose diwoco ajeg (mabni) lan ono sing diwoco owah2 (mu'rob)
b. Kalimah Fi'il itu ada yg bontose ajeg (mabni), lan ono sing bontose owah2 (mu'rab)
c. Kalimah Huruf ternyata bontose ajeg kabeh.

[28/7 16.36] gushamka: Kita bahas:

KALIMAH ISIM

Jadi Kalimah Isim:
1. ada yg mabni 
2. ada yg mu'rab
[28/7 16.36] gushamka: ISIM MABNI

Isim mabni adalah isim yang tidak berubah harakat akhirnya pada semua keadaan i’rab. Isim mabni ada 8 macam, yaitu:

1.     Isim Dhamir
Isim dhamir adalah isim yang digunakan untuk mewakili mutakallim, mukhathab, dan ghaib atau disebut kata ganti. Isim dhamir ada 14, yaitu:

1

أَنَا

Saya
2.

نَحْنُ

Kami

3.

أَنْتَ

Kamu (lk)

4.

هُوَ

Dia (lk)

5.

أَنْتُمَا

Kalian (berdua/lk)

6.

هُمَا

Mereka (berdua/lk)

7.

أَنْتُمْ

Kalian (lk)

8.

هُمْ

Mereka (lk)

9.

أَنْتِ

Kamu (pr)

10.

هِيَ

Dia (pr)

11.

أَنْتُمَا

Kalian (berdua/pr)

12

هُمَا

Mereka (berdua/pr)

13

أَنْتُنَّ

Kalian (pr)

14

هُنَّ

Mereka (pr)

Isim dhamir tidak memiliki bentuk yang tetap ketika berdiri sendiri dan ketika diidhafatkan. Contoh mabninya isim dhamir:

لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُ

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَ

Kata (أَنْتَ) menempati i’rab rafa’, kata (إِيَّاكَ) menempati i’rab nashab, dan kata (رَبِّكَ) akhirnya ada dhamir yang menempati i’rab jar.

2.     Isim Isyarah

Isim isyarah adalah isim yang digunakan untuk menunjuk atau disebut kata tunjuk. semua isim isyarah hukumnya mabni kecuali (هَذَانِ) dan (هَتَانِ) yang hukumnya seperti isim mutsana. Diantara isim yang termasuk isim isyarah adalah (هَذَا), (هَذِهِ), (ذَلِكَ), (تِلْكَ), (هُنَاكَ), dll. Contoh:

هَذِهِ مَدْرَسَةٌ

إِنَّ هَذِهِ الْمَدْرَسَةَ وَسِيْعَةٌ

أَتَعَلَّمُ فِي هَذِهِ الْمَدْرَسَةِ

Pada contoh pertama kata (هَذِهِ) berkedudukan sebagai mubtada’ dan berada pada marfu. Pada contoh kedua (هَذِهِ) berkedudukan sebagai isim inna dan berada pada tempat manshub. Sedangkan pada contoh ketiga (هَذِهِ) berkedudukan sebagai majrur. Apabila kita perhatikan ketiga contoh di atas maka akan didapati kata (هَذِهِ) tidak berubah harakat akhirnya meskipun berada pada kedudukan i’rab yang berbeda.

3.     Isim Maushul

Isim maushul adalah isim yang digunakan untuk menghubungkan dua kalimat. Diantara yang termasuk isim maushul adalah (مَنْ), (مَا), (الَّذِيْ), (الَّتِيْ), dll. Contoh:

قَامَ مَنْ جَلَسَ

سَمِعَ اللهُ لِمَنْ حَمِدَهُ

Meskipun dalam keadaan i’rab rafa’ maunpun khafadh kata (مَنْ) tetap harakatnya yakni mabni sukun.

4.     Isim Syarat

Isim syarat adalah merupakan isim yang memerlukan “jawab”. Gunanya menggabungkan 2 kalimat dimana kalimat yang pertama menjadi syarat dan yang kedua adalah jawab. Diantara yang termasuk isim syarat adalah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيَّانَ), (أَيْنَ), (أَيْنَمَا), (أَنىَّ), (حَيْثُمَا), (كَيْفَمَا), dan (أَيُّ). Semua isim syarath adalah mabni kecuali (أَيُّ). Contoh:

مَنْ جَدَّ وَجَدَ

إِنَّ مَنْ جَدَّ وَجَدَ

Meskipun menempati i’rab yang berbeda tetapi kata (مَنْ) tidak berubah harakatnya.

5.     Isim Istifham

Isim istifham adalah isim yang digunakan untuk bertanya atau bisa disebut kata tanya. Diantara yang termasuk isim istifham adalah (مَنْ), (مَا), (مَتَى), (أَيْنَ), (كَيْفَ), (كَمْ), dan (أَيُّ). Semua isim istifham adalah mabni kecuali (أَيُّ). Contoh:

أَيْنَ بَيْتُكَ؟

مِنْ أَيْنَ جِئْتَ؟

Kata (أَيْنَ) pada contoh pertama menempati i’rab rafa’ dan pada contoh kedua menempati i’rab jar tetapi tidak ada perubahan harakat.

6.     Sebagian Zharaf

Isim zharaf ada yang mu’rab dan adapula yang mabni. Isim zharaf yang mabni adalah (حَيْثُ), (أَمْسِ), (الْآنَ), (إِذْ), (إِذَا), (أَيْنَ), dan (ثُمَّ).

جَلَسْتُ حَيْثُ كُنْتَ جَالِسًا

Kata (حَيْثُ) menepati i’rab nashab karena menjadi zharaf tetapi harakatnya tidak berubah karena mabni dhammah.

7.     Isim Fi’il

Isim fi’il adalah isim mabni yang menunujukkan makna fi’il akan tetapi tidak mempunyai tanda seperti fi’il. Diantara yang termasuk isim fi’il adalah (هَيْهَاتَ), (قَطْ), (آمِيْنَ), (حَيَّ), dll. Contoh:

حَيَّ عَلَى الصَّلَاةِ

أَكَلْتُ خُبْزًا فَقَطْ

Kata (حَيَّ) bermakna (أَقْبِلْ) dan kata (قَطْ) bermakna (يَكْفِى).

8.     Adad Murakkab (11-19 kecuali 12)

Angka belasan dari 11-19 kecuali dua belas dalam bahasa Arab hukumnya mabni fathah. Jadi apapun i’rabnya tetap berharakat fathah. Contoh:

جَاءَ ثَلَاثَةَ عَشَرَ طَالِبًا

اِشْتَرَيْتُ أَرْبَعَةَ عَشَرَ كِتَابًا

جَاءَ الْمُدَرِّسُ مَعَ سِتَّةَ عَشَرَ طَالِبًا

Semua adad murakkab di atas semua mabni fathah pada keadaan i’rab apapun.

ISIM MU'RAB

Isim mu’rab adalah isim yang berubah keadaan akhirnya sesuai dengan keadaan i’rabnya. Tanda i’rab ada dua macam, yaitu dengan harakat dan dengan huruf.

1.     Tanda I'rab dgn Harakat

a.     Pada Isim Mufrad

Isim mufrad ditandai oleh dhammah pada rafa’, fathah pada nashab, dan kasrah pada khafadh. Contoh:

اَلْكِتَابُ جَدِيْدٌ

إِنَّ اَلْكِتَابَ جَدِيْدٌ

اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابِ

Kata (اَلْكِتَابُ) berubah harakat akhirnya sesuai dengan i’rabnya.

b.     Pada Jama’ Taksir

Jama’ taksir ditandai oleh dhammah pada rafa’, fathah pada nashab, dan kasrah pada khafadh. Contoh:

اَلْكُتُبُ جَدِيْدَةٌ

إِنَّ اَلْكُتُبَ جَدِيْدَةٌ

اَلْقَلَمُ فَوْقَ اَلْكُتُبِ

Kata (اَلْكُتُبُ) berubah harakat akhirnya sesuai dengan i’rabnya.

c.      Pada Jama’ Muanats Salim

Jama’ muanats salim ditandai oleh dhammah pada rafa’ dan oleh fathah pada nashab dan khafadh. Contoh:

اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ

إن َالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

d.  Pada  Isim Ghair Munsharif

Isim ghair munsharif adalah isim yang tidak menerima tanwin. Isim ghair munsharif ditandai oleh dhammah pada rafa’ dan oleh kasrah pada nashab dan khafadh. Contoh:

جَاءَ أَحْمَدُ

رَأَيْتُ أَحْمَدَ

هَذَا الْكِتَابُ لِأَحْمَدَ

f.       Fi’il Mudhari’ Mu’tal Akhir

2.     Tanda I'rab dgn Huruf

a.      Pada Isim Tatsniyah

Isim tatsniyah adalah isim yang menunjukkan makna dua. Isim tatsniyah ditandai oleh alif pada rafa’ dan oleh ya’ pada nashab dan khafadh. Contoh:

اَلْكِتَابَانِ جَدِيْدَانِ

إِنَّ اَلْكِتَابَيْنِ جَدِيْدَانِ

اَلْقَلَمُ فَوْقَ الْكِتَابَيْنِ

b.     Pada Jama’ Mudzakar Salim

Jama’ mudzakar salim adalah isim yang menunjukkan makna banyak (lebih dari dua) dan dikhususkan untuk mudzakar. Jama’ mudzakar salim ditandai oleh wawu pada rafa’ dan oleh ya’ pada nashab dan khafadh. Contoh:

اَلْمُؤْمِنُوْنَ وَالْمُؤْمِنَاتُ إِخْوَةٌ

إن َالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ إِخْوَةٌ

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ

c.      Pada Isim Lima (Asmaaul Khomsah)

Isim lima adalah

أَبُوْكَ – أَخُوْكَ – حَمُوْكَ – فُوْكَ – ذُوْ

Isim lima ditandai oleh wawu pada rafa’, alif pada nashab, dan ya’ pada khafadh. Contoh:

أَبُوْكَ مَرِيْضٌ

إِنَّ أَبَاكَ مَرِيْضٌ

هَذَا الْكِتَابُ لِأَبِيْكَ

Mari kita bahas FI'IL. Jadi Fi'il itu ada
1. yang mabni
2. yang mu'rab

​FI’IL MABNI
.
Fi’il-fi’il mabni (fi’il-fi’il yang tetap atau fi’il yang tidak ada i’rabnya adalah:

1. Fi’il madhi,
2. Fi’il amr, dan
3. Fi’il mudhari’ yang bersambung dengan nun niswah atau nun taukid secara langsung.

● Mabninya fi’il madhi (harkat terakhir dari fi’il madhi)

1. Sukun, apabila bersambung dengan dhamir rafa’ mutaharrik. Contoh:

– ﻓﻌﻠْﻦَ  –  ﻓﻌﻠْﺖَ – ﻓﻌﻠْﺘُﻤَﺎ – ﻓﻌﻠْﺘُﻢْ – ﻓﻌﻠْﺖِ – ﻓﻌﻠْﺘُﻤَﺎ – ﻓﻌﻠْﺘُﻦَّ – ﻓﻌﻠْﺖُ – ﻓﻌﻠْﻨَﺎ

2. Dhammah  apabila bersambung dengan wawu jama’, contoh:  ﻓﻌﻠُﻮْﺍ

3. Fathah apabila tidak bersambung dengan wawu jama’ dan dhamir rafa’ mutaharrik, contoh :  ﻓﻌﻞَ – ﻓﻌﻼَ  – ﻓﻌﻠَﺖْ – ﻓﻌﻠَﺘَﺎ

● Mabninya Fi’il Amar (harkat terakhir dari fi’il amar)

1. Sukun : Apabila huruf akhirnya shahih dan tidak bertemu dengan sesuatu pun atau apabila bertemu dengan nun niswah.

Contoh:  ﺍُﺷْﻜُﺮْ – ﺍُﺷْﻜُﺮْﻥَ

2. Fathah : Apabila bersambung dengan nun taukid.

Contoh:  ﺍُﺷْﻜُﺮَﻥَّ

3. Membuang nun : Apabila bersambung dengan alif tasniyah atau wawu jama’ atau ya’ mu’annats mukhathabah .

Contoh:  ﺍُﺷْﻜُﺮَﺍ – ﺍُﺷْﻜُﺮُﻭﺍ – ﺍُﺷْﻜُﺮِﻱ

4. Membuang huruf ‘illah : Apabila huruf terakhinya adalah huruf ‘illah.

Contoh:

ﺍِﺭْﺽَ  – ﺍُﻋْﻒُ  – ﺍِﺭْﻡِ ‏ –  asalnya adalah  ارضى اعفو   ارمي

Catatan:

Perlu diperhatikan bahwa fi’il amr dimabnikan atas dihilangkannya huruf ‘illah apabila fi’il huruf akhirnya adalah huruf ‘illah.

Adapun apabila huruf terakhirnya adalah huruf shahih dan huruf sebelum terakhirnya adalah huruf ‘illah, (contoh: ﻛَﺎﻥَ , ﺳَﺎﺭَ , ﺃَﻃَﺎﻉَ , ﺍِﺳْﺘَﻔَﺎﺩَ dan seterusnya…), maka fi’il tersebut ketika berbentuk amr dimabnikan atas sukun dan kita ucapkan: ﻛُﻦْ , ﺳِﺮْ , ﺃَﻃِﻊْ dan ﺍِﺳْﺘَﻔِﺪْ .

Huruf ‘illah (sebelum huruf akhir fi’il) dihapus untuk mencegah bertemunya dua sukun, karena asalnya fi’il ﺃَﻃَﺎﻉَ sebagai contoh, amrnya adalah ﺃَﻃِﻴﻊْ . Ketika dua sukun bertemu, yaitu ya’ dan nun, maka huruf ya’ dihapus dan jadilah lafadznya ﺃَﻃِﻊْ .

Apabila fi’il ini bertemu dengan nun taukid, tetapi bertemunya dua sukun bisa dihindari, maka ya’nya tetap kemudian kita ucapkan ﺃَﻃِﻴﻌَﻦَّ

● Mabninya Fi’il Mudhari’

Pada asalnya fi’il mudhari’ mu’rab (sebagaimana akan datang penjelasannya). Fi’il mudhari’ mabni apabila bertemu dengan nun niswah atau nun taukid secara langsung.

Fi’il mudhari’ dimabnikan atas:

1. Sukun : Apabila bertemu dengan nun niswah. Contoh:  ﻫُﻦَّ ﻳَﺸْﻜُﺮْﻥَ

2. Fathah : Apabila bertemu dengan nun taukid secara langsung.

Contoh: ﻟَﻴَﺸْﻜُﺮَﻥَّ

Apabila fi’il tidak bersambung dengan nun taukid secara langsung di mana fi’il diisnadkan kepada alif itsnain, wawu jama’ah, ya’ mukhathabah atau nun niswah , maka fi’il tersebut mu’rab pada 3 kondisi pertama dan mabni pada kondisi terakhir karena bertemu dengan nun niswah.

Contoh:  ﻟَﺎ ﺗَﻨْﺼُﺮَﺍﻥِّ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻢَ  Jangan sekali-kali kalian berdua menolong orang zalim itu!

ﻟَﺎ ﺗَﻨْﺼُﺮُﻥَّ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻢَ  Jangan sekali-kali kalian laki-laki menolong orang zalim itu!

ﻟَﺎ ﺗَﻨْﺼُﺮِﻥَّ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻢَ  Jangan sekali-kali kamu perempuan menolong orang zalim itu!

(Fi’il mudhari’ pada contoh-contoh di atas bersambung dengan nun taukid, akan tetapi fi’il tersebut mu’rab karena diisnadkan kepada alif itsnain, wawu jama’ah dan ya’ mukhathabah)

Contoh: ﻟَﺎ ﺗَﻨْﺼُﺮْﻧَﺎﻥِّ ﺍﻟﻈَّﺎﻟِﻢَ

Jangan sekali-kali kalian perempuan menolong orang zalim itu!

(Fi’il mudhari’ bersambung dengan nun taukid, fi’il tersebut mabni atas fathah karena diisnadkan kepada nun niswah. Perlu diperhatikan bahwa alif ditambahkan antara nun niswah dan nun taukid untuk pemisah antara keduanya)

Catatan:

Nun taukid adalah nun yang menempel di akhir fi’il mudhari’ atau akhir fi’il amr dengan syarat-syarat yang akan dijelaskan setelah ini, jenisnya ada dua:

– Nun tsaqilah : Berbentuk nun tasydid berfathah, contoh: ﻟَﺘَﻜْﺘُﺒَﻦَّ ﺍُﻛْﺘُﺒَﻦَّ

– Nun khafifah : Berbentuk nun sukun, contoh:  ﻟَﺘَﻜْﺘُﺒَﻦْ  ﺍُﻛْﺘُﺒَﻦْ

a. Harus memberi taukid fi’il mudhari’ dengan nun apabila sebagai jawaban bagi qasam (sumpah) dan bersambung dengan lam qasam .

Contoh:  ﻭَﺍﻟﻠﻪِ ﻟَﺄُﻛْﺮِﻣَﻦَّ ﺍﻟﻔَﺎﺋِﺰَ / ﻟَﺄُﻛْﺮِﻣَﻦْ

Demi Allah aku akan memuliakan orang yang berhasil itu.

b. Boleh mentaukidkan fi’il mudhari’ dengan nun apabila menunjukkan kepada tuntutan (tuntutan misalnya perintah, larangan dan pertanyaan).

Contoh:  ﻟِﻴُﻨْﻔِﻖِ ﺍﻟﻘَﺎﺩِﺭُﻭﻥَ / ﻟِﻴُﻨْﻔِﻘَﻦَّ ﺍﻟﻘَﺎﺩِﺭُﻭﻥَ

Hendaklah orang-orang yang mampu berinfak!

ﻟَﺎ ﺗَﻤْﺪَﺡِ ﺍﻣْﺮَﺀًﺍ ﺣَﺘَّﻰ ﺗُﺠَﺮِّﺑَﻪُ ﺃَﻭْ ﻟَﺎ ﺗَﻤْﺪَﺣَﻦَّ

Janganlah engkau memuji seseorang sampai engkau mengetesnya.

ﺃَﺗُﻮَﺍﻓِﻖُ ﻋَﻠَﻰ ﻫﺬَﺍ ﺍﻟﺮَّﺃْﻱِ؟ / ﺃَﺗُﻮَﺍﻓِﻘَﻦَّ ﻋَﻠَﻰ ﻫﺬَﺍ ﺍﻟﺮَّﺃْﻱِ

Apakah engkau sepakat kepada pendapat ini?

c. Dilarang mentaukidkan fi’il mudhari’ pada selain keadaan tersebut di atas tadi.

Contoh:  ﺗَﺸْﺮُﻕُ ﺍﻟﺸَّﻤْﺲُ ﻛُﻞَّ ﺻَﺒَﺎﺡٍ  Matahari terbit setiap hari.

d. Boleh memberi taukid fi’il amr karena fi’il ini menunjukkan kepada tuntutan. Contoh:

ﺃَﻃِﻊْ ﻭَﺍﻟِﺪَﻳﻚَ / ﺃَﻃِﻌَﻴﻦَّ ﻭَﺍﻟِﺪَﻳﻚَ / ﺃَﻃِﻴﻌﻦْ ﻭَﺍﻟِﺪَﻳﻚَ

Fi’il madhi tidak boleh ditaukidkan dengan nun taukid.
.

FI’IL MU’RAB

Fi’il mu’rab artinya fi’il yang bisa berubah.

Fi’il yang bisa berubah adalah setiap fi’il mudhari’ yang tidak bersambung dengan nun taukid dan nun inats. Contoh :

ﻳَﻜْﺘُﺐُ  ﻳَﻀْﺮِﺏُ   ﻳَﻨْﺼُﺮُ  ﻳَﻔْﺘَﺢُ   ﻳَﻌْﻠَﻢُ   ﻳَﺤْﺒُﺲُ   ﻳَﺤْﺴِﺐُ

Mari kita bahas KALIMAH HURUF.

Jadi Kalimah huruf itu mabni semua.

1. Mabni alal fathi, spt aina
2. Mabni dhommi, spt haitsu
3. Mabni alal kasri, seperti amsi
4. Mabni alas sukni, seperti kam

Kajian kita sudah menulusuri bait2 berikut:

Bab Kalam dan Susunannya
الْكَلاَمُ وَمَا يَتَألَّفُ مِنْهُ

BAB KALAM DAN SESUATU YANG KALAM TERSUSUN DARINYA
PENGERTIAN KALAM, KALIM, KALIMAT, QOUL
كَلاَمُــنَا لَفْــظٌ مُفِيْدٌ كَاسْــتَقِمْ ¤ وَاسْمٌ وَفِعْلٌ ثُمَّ حَرْفٌ الْكَلِمْ
Kalam (menurut) kami (Ulama Nahwu) adalah lafadz yang memberi pengertian. Seperti lafadz “Istaqim!”. Isim, Fi’il dan Huruf adalah (tiga personil) dinamakan Kalim.

وَاحِدُهُ كَلِمَةٌ وَالْقَوْلُ عَمْ ¤ وَكَلْمَةٌ بِهَا كَلاَمٌ قَدْ يُؤمْ
Tiap satu dari (personil Kalim) dinamakan Kalimat. Adapun Qaul adalah umum. Dan dengan menyebut Kalimat terkadang dimaksudkan adalah Kalam.

BENTUK KALIMAT-KALIMAT DAN CIRI-CIRINYA
بِالجَرِّ وَالتّنْوِيْنِ وَالنِّدَا وَاَلْ ¤ وَمُسْنَدٍ لِلإسْمِ تَمْيِيْزٌ حَصَلْ
Dengan sebab Jar, Tanwin, Nida’, Al, dan Musnad, tanda pembeda untuk Kalimat Isim menjadi berhasil.

بِتَا فَعَلْتَ وَأَتَتْ وَيَا افْعَلِي ¤ وَنُوْنِ أَقْبِلَنَّ فِعْـــلٌ يَنْجَلِي
Dengan tanda Ta’ pada lafadz Fa’alta dan lafadz Atat, dan Ya’ pada lafadz If’ali, dan Nun pada Lafadz Aqbilanna, Kalimat Fi’il menjadi jelas.

سِوَاهُمَا الْحَرْفُ كَهَلْ وَفِي وَلَمْ ¤ فِعْـــلٌ مُـضَــارِعٌ يَلِي لَمْ كَـيَشمْ
Selain keduanya (ciri Kalimah Isim dan ciri Kalimah Fi’il) dinamaan Kalimah Huruf, seperti lafadz Hal, Fi, dan Lam. Ciri Fi’il Mudhori’ adalah dapat mengiringi Lam, seperti lafadz Lam Yasyam.

وَمَاضِيَ الأَفْعَالِ بِالتَّا مِزْ وَسِمْ ¤ بِالنُّـــوْنِ فِعْلَ الأَمْرِ إِنْ أَمْرٌ فُهِمْ
Dan untuk ciri Fi’il Madhi, bedakanlah olehmu! dengan tanda Ta’. Dan namakanlah! Fi’il Amar dengan tanda Nun Tauqid (sebagi cirinya) apabila Kalimah itu difahami sebagai kata perintah.

وَالأَمْرُ إِنْ لَمْ يَكُ لِلنّوْنِ مَحَلْ ¤ فِيْهِ هُوَ اسْمٌ نَحْوُ صَهْ وَحَيَّهَلْ
Kata perintah jika tidak dapat menerima tempat untuk Nun Taukid, maka kata perintah tersebut dikategorikan Isim, seperti Shah! dan Hayyahal!

Bab Mu’rab dan Mabni
الْمُعْرَبُ وَالْمَبْنِي

BAB MU’RAB DAN MABNI
KALIMAH-KALIMAH YANG MU’RAB DAN YANG MABNIY
وَالاسْمُ مِنْهُ مُعْرَبٌ وَمَبْنِي ¤ لِشَبَـــهٍ مِنَ الْحُــرُوْفِ مُدْنِي
Diantara Kalimat Isim ada yang Mu’rab, dan ada juga yang Mabni karena keserupaan dengan kalimah Huruf secara mendekati

كَالْشَّبَهِ الْوَضْعِيِّ فِي اسْمَيْ جِئْتَنَا ¤ وَالْمَعْـنَـــوِيِّ فِي مَتَى وَفِي هُـــــــنَا
Seperti keserupaan bangsa wadh’iy didalam contoh dua Isimnya lafadz Ji’tana. Dan keserupaan bangsa Ma’nawiy di dalam contoh Mata, dan Huna.

وَكَنِيَابَةٍ عَنِ الْفِعْلِ بِلاَ ¤ تَأَثُّــــرٍ وَكَافْــتِقَارٍ أُصِّلا
Dan keserupaan bangsa Niyabah (pengganti) dari Fi’il tanpa pembekasan I’rob (Isim Fi’il). Dan keserupaan bangsa Iftiqor/kebutuhan yang dimustikan (yakni, isim maushul musti membutuhkan shilah).

وَمُعْرَبُ الأَسْمَاءِ مَا قَدْ سَلِمَا ¤ مِنْ شَبَهِ الْحَرْفِ كَأَرْضٍ وَسَمَا
Adapun Mu’rabnya Kalimah-kalimah Isim, adalah Kalimah yang selamat dari keserupaan dengan Kalimah Huruf, seperti contoh Ardhin dan Sumaa.

وَفِـــعْلُ أَمْرٍ وَمُضِيٍّ بُنِـيَا ¤ وَأَعْرَبُوا مُضَارِعَاً إنْ عَرِيَا
Fi’il Amar dan Fi’il Madhi, keduanya dihukumi Mabni. Dan mereka Ulama Nahwu sama menghukumi Mu’rab terhadap Fi’il Mudhori’ jika sepi…..

مِنْ نُوْنِ تَوْكِيْدٍ مُبَاشِرٍ وَمِنْ ¤ نُوْنِ إنَــاثٍ كَيَرُعْنَ مَنْ فُـــتِنْ
Dari Nun Taukid yang mubasyaroh (bertemu langsung) dan Nun Ta’nits, seperti lafadz: Yaru’na Man Futin.

وَكُلُّ حَـرْفٍ مُسْتَــحِقٌّ لِلْبِنَا ¤ وَالأَصْلُ فِي الْمَبْنِيِّ أَنْ يُسَكَّنَا
Semua Kalimah Huruf menghaki terhadap Mabni.   Asal didalam Kemabnian adalah dihukumi Sukun.

وَمِنْهُ ذُو فَتْحٍ وَذُو كَسْرٍ وَضَمُّ ¤ كَأَيْنَ أَمْسِ حَيْثُ وَالْسَّــــاكِنُ كَمْ
Diantara hukum Mabni adalah Mabni Fathah, Mabni Kasroh dan Mabni Dhommah. Seperti lafadz: Aina, Amsi, Haitsu, dan Mabni Sukun seperti Lafadz Kam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar